Haruskah Saya Memiliki dan Mengmbangkan Aplikasi E-Commerce?

Sudahkah Anda membuat website e-commerce? Jika sudah, jangan berhenti di website, Anda sebaiknya membuat dan mengembangkan aplikasi e-commerce. Dengan semakin banyaknya brand bisnis membuat aplikasi mobile, website saja dinilai tidak cukup. Jika sudah berniat membuat aplikasi e-commerce, dimana membuatnya? Anda bisa menggunakan jasa perusahaan developer e-commerce. Cranium adalah salah satu developer e-commerce Jakarta yang terpercaya.

Cranium dapat mengembangkan aplikasi dan website e-commerce dengan fitur-fitur kunci yang akan memenuhi seluruh kebutuhan dan ekspektasi konsumen. Sebelum berbicara lebih jauh mengenai Cranium, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai keuntungan memiliki dan mengembangkan aplikasi e-commerce. Ada banyak hal yang lebih baik dari website e-commerce dan hanya bisa ditawarkan oleh aplikasi e-commerce.

Apa Saja Keuntungan Memiliki Aplikasi E-Commerce?

Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia bisnis modern ini, memiliki dan mengembangkan aplikasi e-commerce menjadi sebuah keharusan dan bagian dari cara untuk mencapai hal tersebut. Dipadukan dengan website e-commerce, aplikasi e-commerce akan memperluas jangkauan produk dan meningkatkan kehadiran brand bisnis, bahkan hingga ruang tidur konsumen. Jadi, apa saja keuntungan memiliki aplikasi e-commerce?

1. Alat Pencitraan yang Efektif

Aplikasi e-commerce yang berbentuk mobile, terbukti mampu melakukan pendekatan komersial yang lebih baik pada konsumen. Penggunaan grafis, desain, serta promosi yang kreatif dapat langsung diakses konsumen baik melalui platform media sosial maupun langsung dari aplikasi yang Anda buat. People will talk and let them talk. Konsumen akan mengakses produk, membicarakannya, menilai, dan merekomendasikannya di media sosial.

Anda akan mendapat masukan langsung dari apa yang Mereka bicara. Aplikasi e-commerce adalah alat yang efektif menciptakan citra produk dan bisnis yang Anda inginkan. Beragam promosi, diskon, dan program pemasaran lainnya bisa Anda atur sedemikian rupa mengikuti preferensi konsumen yang ide dan inspirasinya bisa Anda dapatkan dari bagaimana Mereka berinteraksi dengan produk dan beropini dengan brand Anda.

2. Konsumen yang Semakin Loyal

Kunci kesuksesan aplikasi e-commerce dalam hal meningkatkan loyalitas dan ketergantungan pada brand Anda adalah menciptakan desain dan menyediakan fitur yang Mereka inginkan. Kemudahan adalah kata kunci utama kenapa orang memilih berbelanja melalui aplikasi e-commerce ketimbang berjalan dan mengunjungi pusat perbelanjaan. Loyalitas dan ketergantungan terhadap aplikasi e-commerce tumbuh dari kemudahan tersebut.

Seorang konsumen akan merasa dilayani ketika Mereka dapat dengan mudah mengakses aplikasi, melakukan pencarian, menyimpan produk yang Mereka inginkan, membandingkan satu produk dengan produk lainnya, dan tentu saja membeli produk kapanpun dan dimanapun. Aplikasi e-commerce memenuhi persyaratan tersebut. Jika sudah demikian, sulit bagi konsumen untuk berpindah ke produk lain dan tetap loyal pada produk Anda.

3. Pengumpul Data dan Alat Analisis yang Lengkap

Katakanlah Anda ingin mengetahui apa yang konsumen inginkan dan pikirkan dari brand bisnis Anda. Yang Anda lakukan kemudian adalah melakukan riset dengan berbagai macam metode konvensional yang dapat dikatakan berpotensi menghabiskan sumber daya perusahaan Anda. Dengan adanya aplikasi e-commerce kampanye survey dan pengumpulan data terkait persepsi, preferensi, dan penilaian publik dapat dilakukan lebih mudah.

Aplikasi e-commerce bukan hanya alat penjualan tetapi juga alat pengumpul data yang akan menyediakan informasi yang cukup untuk membuat analisis dan strategi bisnis yang lebih baik dan lebih tepat sasaran. Aplikasi ini dapat memonitor perilaku konsumen, bagaimana Mereka mencari produk, opini publik melalui medsos, berapa lama Mereka melihat-lihat sebuah produk, kepada siapa produk Anda direkomendasikan, dan masih banyak lagi.

4. Biaya Operasi Lebih Murah

Berapa banyak biaya yang dibutuhkan Anda untuk membuat toko di tempat yang strategis? Tentu tidak murah bukan. Belum lagi Anda perlu mempersiapkan anggaran perawatan dan jangan lupa, Anda membutuhkan karyawan yang jelas perlu Anda gaji. Aplikasi e-commerce dapat menjadi solusi dari biaya operasi dan hal-hal lain yang sebenarnya tidak begitu efektif. Aplikasi e-commerce tidak hadir untuk menghemat anggaran.

Aplikasi ini hadir untuk membuat anggaran lebih efektif. Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk mendesain toko atau mempersiapkan dekorasi dengan furnitur yang tidak murah. Dengan memiliki dan mengembangkan aplikasi e-commerce, sebuah gudang untuk menampung produk yang Anda jual saja sudah lebih dari cukup. Anda fokuskan anggaran yang berhasil dihemat tersebut ke pengembangan produk atau hal lain yang lebih penting.

5. Meningkatkan Penjualan

Semakin mudah diakses, semakin mudah untuk mencari produk yang diinginkan, dan semakin user-friendly aplikasi e-commerce maka semakin tinggi tingkat konversi yang terjadi. Konsekuensinya tentu saja penjualan dan profit yang meningkat. Aplikasi mobile memungkinkan pemasaran digital yang lebih efektif dengan jangkauan yang lebih luas. Semakin banyak jumlah pengguna maka semakin tinggi penjualan dan profit yang akan didapat.

Manfaat yang boleh dikatakan paling to the point dapat didapatkan hanya dengan aplikasi e-commerce yang responsif, menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan konsumen dan memanfaatkan fungsi notifikasi dengan efektif. Untuk mendapatkan manfaat ini, diperlukan pembuatan dan pengembangan aplikasi e-commerce yang dilakukan secara profesional serta dikembangkan oleh para pengembang berpengalaman yang ahli di bidangnya.

Bagaimana Cranium Mengembangkan Aplikasi E-Commerce Anda

Ada puluhan fitur aplikasi e-commerce yang akan menjadi penentu apakah aplikasi e-commerce yang Anda buat dan kembangkan, pertama, dapat dikatakan aplikasi e-commerce yang pantas. Kedua, dapat dikatakan aplikasi e-commerce yang menjamin kesuksesan kampanye penjualan digital Anda. Sebuah perusahaan ecommerce developer Jakarta, Cranium salah satunya, memegang peran penting untuk menciptakan kedua hal tersebut.

Jasa e-commerce development yang ditawarkan Cranium merupakan solusi komplet bagi Anda yang hendak mempersiapkan strategi menghadapi persaingan bisnis e-commerce di era yang serba digital ini. Ada 5 proses pengembangan aplikasi e-commerce yang akan diselesaikan oleh Cranium.

1. Perancangan Strategi

Paparkan ide dan visi Anda mengenai bagaimana aplikasi e-commerce tersebut harus tampil. Kami akan membantu Anda merancang strategi pengembangan aplikasi yang sesuai dengan visi Anda tersebut.

2. Pembuatan Desain

Desain aplikasi e-commerce Anda akan disesuaikan dengan target pasar. Selain itu, desain (visual, audio, teks, dll) juga berkaitan dengan branding dan citra yang ingin Anda proyeksikan ke masyarakat.

3. Pengembangan

Pada tahap ini, beragam hal akan dikembangkan, dari mulai platform e-commerce mana yang akan digunakan, sistem operasi mana saja yang dapat mengoperasikan, fitur apa saja yang ada, hingga metode pembayaran.

4. Pemasaran

Kami akan menentukan bagaimana aplikasi c-commerce Anda dipasarkan, apakah melalui media sosial, website, Google Play Store, atau bahkan melalui e-mail.

5. Perawatan dan Perbaikan

Aplikasi sudah dibuat terus ditinggalkan begitu saja. Tentu tidak, Kami juga bertanggung jawab melakukan perawatan dan perbaikan sesuai dengan kontrak yang disepakati.

Cranium akan memastikan ke-5 proses tersebut dilakukan dengan baik dan sesuai dengan visi yang Anda paparkan. Perusahaan ecommerce developer Jakarta ini responsif terhadap setiap perubahan dan penyesuaian yang bisa Anda buat dan sensitif menangkap ide yang muncul kapanpun dan dimanapun untuk membuat aplikasi e-commerce yang lebih baik dan sesuai dengan yang Anda bayangkan.